Cerpen Nyata: Ada Dua Khatib Saat Khutbah Shalat Jumat

Di Cerpen Inspiratif, Cerpen Lucu, Cerpen Non Fiksi 1792 views

Cerita ini diangkat dari pengalaman nyata seorang pegawai di Kementerian Keuangan. Cerpen ini sedikit berisi nasehat dan agak bergenre cerpen lucu/humoris. Cerpen ini dikirim oleh seorang Anonim.

Ada Dua Khatib Saat Shalat Jumat
oleh Anonim

Saya adalah seorang pegawai baru di Kementerian Keuangan saat itu (Feb 2014). Saat itu memang banyak saingan untuk bisa masuk menjadi pegawai negeri sipil di Kementerian Keuangan. Sudah bukan rahasia lagi kalo gaji di kemenkeu itu lebih besar dibanding pns lainnya. Namun saya tidak akan bercerita perjuangan saya hingga diterima menjadi pegawai saat ini.

Bagi saya mengenal dan mengingat rekan kerja saat awal masuk itu agak susah-susah gampang. Apalagi sampai hapal betul watak rekan kerja saya. Wong, baru masuk kerja, jadi saya masih agak serius menanggapi apapun saat awal kerja.

Singkatnya, saat rekan sesama muslim mengajak saya untuk Sholat Jumat di masjid Al Amanah, nama masjid kantor kami. Lalu, rekan saya yang sedaerah berkata, “Hoy Bang, kau dah tau belum kalo sholat jumat disini sering ada dua khatib”. (pasti sudah tau kan kami berasal darimana).

Setelah mendengar hal tersebut, saya langsung kaget setengah mati. “Lho kok bisa khutbah jumat ada dua khatib, padahal cuma ada satu masjid saja disini.” tutur saya kepada rekan saya yang sedaerah tsb.

Lalu rekan-rekan saya yang lain pun membenarkan. “Benerlah bang, kalo enggak percaya liat saja nanti”. (dengan nada serius)

Rasa heran dan kaget pun semakin menjadi-jadi, “Ini aliran apa ya, emang bener kata orang tua saya. Kalo di kota banyak aliran agama.” ucap dihati saya.

Tak lama kemudian saya bergegas mengambil air wudhu dan langsung berlomba mengambil posisi depan dekat mimbar khatib. Namun, saya hanya mendapat shaff kedua. Hal ini pun sangat beruntung karena memang masjid mulai dipenuhi jamaah sholat jumat dan ditambah barisan awal diisi oleh beberapa pejabat penting di kantor.

Kemudian saya bergegas melaksanakan sholat sunah mutlak (sholat sunah sebelum adzan sholat jumat berkumandang). Namun ada satu hal yang membuat sholat sunah saya tidak khusyuk. Ketika tidak sengaja melihat mimbar, saya teringat pernyataan teman saya tadi. Apakah benar ada dua khatib yang berkhutbah, kok mimbarnya cuma ada satu.

Setan pun mulai merasuki diri saya, karena tak tahan dengan rasa ngantuk saat ceramah. Kemudian saya menunggu kapan khatib kedua muncul. Hingga iqamah pun, tetap ada satu khatib saja yang berkhutbah.

Kemudian sholat jumat dilaksanakan. Hal tersebut rupanya masih mengganggu pikiran saya meskipun sedang sholat. “Ah sialan mereka ngerjain saya ternyata”. tutur hati sy.

Setelah tahiyat dan salam, saya disalami oleh beberapa orang disamping saya dan orang didepan saya. Kagetnya, saya disalami oleh orang nomer 1 di Kementerian Keuangan, yaps siapalagi kalo bukan menteri keuangan. Dari situ saya baru sadar, ternyata benar kalo disini ada 2 khatib. Pertama, khatib sholat jumat. Kedua, Pak Chatib Basri (Menteri Keuangan dari 2013-2014).

Incoming search terms:

  • cerpen non fiksi
  • contoh cerpen non fiksi
  • cerita non fiksi pendek
  • contoh cerita non fiksi
  • contoh cerita non fiksi pendek
  • cerpen non fiksi singkat
  • kumpulan cerita non fiksi
  • cerpen nonfiksi
  • cerpen non fiksi persahabatan
  • cerita pendek non fiksi

Tags: #Biografi #Kisah Nyata #Motivasi #Nasehat

author
Penulis: 
Cerpenis asal Jonggol
Cerpen Nasehat: Tidak sadar diri tidak punya
Judul cerpen tak sadar diri tak punya
Cerpen Lucu: Baper
Judul cerpen baper Cerpen karangan: rhey rahimah
Cerpen Humor: Botol Kayu
Cerpen Humor: Botol Kayu
Cerpen humor – Cerpen lucu remaja mengisahkan
Cerpen Abunawas: Menipu Gajah yang Patuh
Cerpen Lucu Abu Nawas yang berisian nasehat

Tinggalkan pesan "Cerpen Nyata: Ada Dua Khatib Saat Khutbah Shalat Jumat"

Baca Juga×

Top