Cerpen Anak Agar Anak Semangat Belajar

Sore itu udara sangat dingin dan Alya memakai jaket anak yang tebal agar tidak kedinginan. Hujan sudah mengguyur kota sejak tadi siang. Memang sudah masuk musim hujan.
“Menunggu jemputan ya Alya?” Tanya guru les Alya karena melihat Alya hanya duduk sendiri di luar memandangi hujan yang turun sangat lebat.
“Sambil nunggu mau ibu ceritakan seorang wanita yang sholeh dan pintar ya?”
Alya hanya diam. Beberapa hari ini Alya menjadi sangat pendiam tampak tidak bersemangat, nilai Alya pun menjadi tutun dan sang Guru tahu itu namun alasanya ia tidak tahu.
“Ini tentang istri rasul Aisyah. Alya tahu kalau Aisyah itu seorang perawi hadits lho. Ia meriwayatkan 2210 hadits ia juga sering memberikan khutbah dengan baik dan komunikatif. Ia itu suka belajar dan pintat. Alya mau seperti Aisyah gk? Menjadi orang yang suka belajar dan pintar?”
“Alya bosan belajar Bu.” Jawaban Alya sangat mengejutkan sang Guru.
“Kenapa?”
“Alya pengen jadi HP aja yang bisa setiap hari dipegang Sama Mama dan Ayah. Aku iri Sama HP bu. Setiap Alya minta diajak main Ayah dan Ibu selalu bilang sibuk sama HP nya. Alya jadi males belajar. Buat apa belajar Mama tetap gk mau main sama Alya. Mending jadi HP aja. Sekarang telat jemput juga pasti karena sibuk dengan HPnya.” Jawaban yang sangat tajam itu keluar dari anak 6 SD.

Sang Guru begitu terkejut dengan jawaban Alya dan selang beberapa waktu mobil jemputan Alya datang. Namun sebelum Alya pulang sang Guru menyampaikan perkataan Alya pada Ibunya agar anaknya lebih diperhatikan karena nilainya sekerang turun.

Cerpen anak agar semangat belajar
***
Beberapa minggu kemudian jiwa riang Alya telah kembali.
“Bu Guru sekarang Alya pengen jadi seperti Aisyah yang pintar dan sekarang Alya rajin belajar karena Ibu sekarang sudah menjual HP nya dan mau bermain Sama Alya. Alya senang banget Bu.” Terlihat senyun penuh riang darinya. ^_^

About Retno P.

Seorang ibu rumah tangga berasal dari Bandung yang memiliki hobi menulis. Ingin menyampaikan ide-ide ceritanya dalam sebuah karya tulis.

Baca juga

Cerpen anak mengajarkan dermawan

MENGAJARKAN DERMAWAN PADA ANAK

Meniru Keteladanan Sahabat Rasulullah SAW, Abdurahman Bin Auf   Di suatu siang yang terik Arfa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *