Cerpen Anak: Cerpen Kancil dan Sahabatnya

Di Cerpen Anak, Cerpen Fabel, Cerpen Fiksi 536 views

Judul cerpen kancil dan sahabatnya
Cerpen karangan: rina triasih rhomadani
Kategori: cerpen anak, cerpen fabel (hewan)

Di pagi yang cerah, ada seekor kancil yg sedang mengelilingi hutan. Kancil itu ingin mencari makan, dan pada tengah perjalanannya, dia bertemu dengan sahabatnya, yaitu si kerbau dan si gajah. Kancil mengajak kerbau dan gajah pergi mengelilingi hutan dan mencari makan beserta. Tapi kerbau serta gajah tidak mau ikut, karena mereka telah merencanakan sesuatu nantinya. Menggunakan terpaksa kancil meninggalkan mereka dan pergi mencari makan sendiri.

Hari mulai siang, namun kancil belum jua menerima makanan. Kancil pun mulai haus. Beliau segera pulang ke arah sungai buat minum. Datang-tiba pada tengah perjalanan menuju sungai, kancil dihalangi oleh harimau. Ketika itu harimau berpura-pura lapar serta berpura-pura ingin memangsa kancil. Tetapi menggunakan kecerdikan kancil, kancil bisa meloloskan diri asal harimau dengan memakai tipuan muslihatnya. Kancil membohongi harimau dengan cara menipunya.

“harimau, apa kau tidak takut? Tadi aku melihat terdapat pemburu di semak-semak itu,” kata kancil dengan wajah berfokus.
“pemburu?” tanya harimau dengan paras ketakutan.
“iya, pemburunya membawa senjata yg berbahaya. Apa kau tak takut?” lanjut kancil.

Harimau pribadi pergi meninggalkan kancil menggunakan paras ketakutan. Kancil pun merasa lega. Kemudian kancil melanjutkan perjalanannya menuju sungai.

Sesampainya di tepi sungai, kancil pun langsung minum air yang ada pada tepi sungai. Tanpa kancil sadari, ada buaya yang berpura-pura ingin memangsa kancil. Untung saja kancil mengetahui Bila pada depan kancil terdapat seekor buaya. Buaya tadi telah membuka mulutnya lebar-lebar dan siap buat memangsa kancil. Tanpa berfikir panjang, kancil pun eksklusif lari meninggalkan buaya.

Hari pun mulai sore, tetapi kancil tidak menemukan makanan sama sekali. Menggunakan terpaksa, kancil pulang menggunakan tangan kosong serta pada keadaan yg kelaparan. Sesampainya di rumah kancil, kancil terkejut. Ternyata di tempat tinggal kancil terdapat pesta makan. Harimau serta buaya jua ada pada pesta makan itu. Kancil kebingungan. Baru kali ini ia disambut menggunakan meriah oleh sahabat-temannya. Ternyata, teman-teman dan sahabat kancil ingin memberikan kejutan ini kepada kancil.

“kancil, apa engkau senang menggunakan kejutan ini?” tanya kerbau
“ya, aku sangat senang dengan kejutan yg kalian buat ini. Tapi kenapa kalian merencanakan ini?” jawab serta tanya kancil.
“kamu lupa ya? Hari ini kan hari persahabatan kita.” lanjut kerbau.
“terima kasih kawan-kawan. Saya tidak menyangka kalau kalian jangan lupa dengan semua ini.” jawab kancil menggunakan rasa haru.
“sudahlah, ayo kita makan dulu.” ajak gajah.

Akhirnya mereka mengawali makannya menggunakan canda tawa. Terselesaikan makan, mereka seluruh berpamitan buat pulang, sebab hari sudah larut malam. Gajah serta kerbau pulang agak lambat, karena mereka membantu kancil buat membersihkan rumahnya. Setelah seluruh bersih, mereka berpamitan balik kepada kancil. Gajah dan kerbau pun pulang serta kancil segera tidur.

Tamat

Cerpen karangan: rina triasih rhomadani
Facebook: rina triasih rhomadani

Incoming search terms:

  • kumpulan cerita fiksi
  • cerita fiksi
  • cerpen fabel
  • cerita fiksi dewasa
  • cerpen fiksi
  • contoh cerpen fiksi
  • yhse-visicom

Tags: #anak #cerita #fabel #Fiksi

author
Penulis: 
Cerpenis asal Jonggol
Cerpen Keluarga: Dangerous Woman oleh Deesya
Judul Cerpen Dangerous Woman Kategori: Cerpen Anak,
Pembuhuhan Pertama Kali di Muka Bumi
Pembuhuhan Pertama Kali di Muka Bumi
Singkat cerita, Adam dan Hawa akhirnya harus
Cerbung: Cerita Kopi
Cerpen Dewasa – Kisah Alana Kusumanissa dan
Cerpen Cinta: Semua Karena Kamu
Cerpen Cinta: Semua Karena Kamu
Cerpen Cinta – oleh Linda Yunikasari tentang seorang

Tinggalkan pesan "Cerpen Anak: Cerpen Kancil dan Sahabatnya"

Baca Juga×

Top